Cara Memilih Karpet Masjid Yang Benar

Cara Memilih Karpet Masjid Yang Benar – Masjid menjadi tempat yang mulia. Setiap hari dikunjungi oleh semua kaum muslimin untuk melakukan ibadah ke Allah subhanahu wa ta’ala. Ibadah yang rutin untuk dilaksanakan setiap hari yaitu shalat wajib 5 waktu. Sehari semalam dilaksanakan sebanyak 5x. Terutama untuk laki-laki maka sangat direkomendasikan untuk mengunjungi masjid melaksanakan shalat wajib itu.

Pastinya kita harus memperhatikan segala hal terkait masjid ini. Khususnya dalam hal fasilitas yang mendukung para jamaah yang datang ke masjid untuk melaksanakan ibadah. Masjid menjadi lokasi yang paling sering dikunjungi. Untuk dipakai shalat wajib saja dalam 24 jam masjid dikunjungi sekitar 5 x. Itu belum lagi kalau nanti ada acara pengajian atau lainnya yang diselenggarakan di dalam masjid. Lebih sering lagi akhirnya masjid itu dikunjungi.

Cara Memilih Karpet Masjid Yang Benar

Sebelum kita membeli karpet masjid maka kita sebaiknya menyimak dulu bagaimana cara memilihnya. Berikut di bawah ini beberapa tips yang harus kita ketahui bersama:

1. Memperhatikan kualitas dari produk karpet

Karpet yang akan kita beli harus benar-benar berkualitas. Jangan sampai waktu sudah membelinya ada rasa kecewa sebenarnya karpet tersebut kurang bagus kualitasnya. Kita semua tahu kalau masjid dipakai oleh banyak orang. Frekuensi pemakaian masjid juga bukan hanya sekali atau 2x saja dalam seminggu. Malah dalam sehari digunakan sebanyak 5 x minimal. Maka mesti harus memilih karpet masjid yang benar-benar bagus kualitasnya. Walaupun sering diinjak tidak gampang rusak. Karpet juga mempunyai ketebalan yang cukup. Ketebalan karpet ini akan berpengaruh dalam membuat orang yang memakainya merasa nyaman sekali. Dengan begitu para jamaah yang datang ke masjid akan semakin betah berlama-lama di dalam masjid. Maka ini sangat penting untuk kita simak dalam hal kualitas karpet.

2. Memeriksa ukuran karpet yang bakal dibeli

Sebelum kita beli karpet masjid maka kita harus mengetahui ukurannya dulu. Ukuran ini dikaitkan dengan ukuran lantai masjid yang bakal kita pasangi karpet. Jika ukuran karpet yang kita beli tidak sesuai ukuran lantai masjid maka bisa terjadi karpet itu tidak bisa dipasang. Akhirnya bisa menjadi masalah baru malahan. Maka hal yang tidak boleh lupa ketika akan memilih karpet yaitu tentang ukurannya. Pastikan ukurannya sudah sesuai. Karpet untuk bagian imam shalat, serambi, dan lainnya perlu diketahui ukurannya terlebih dahulu. Sehingga nanti membeli maka akan cocok dan tepat. Pemasangan karpet masjid juga akan lebih mudah dan cepat dilakukan bilamana ukurannya benar-benar tepat.

3. Memilih warna dan motif yang tepat

Pastinya karpet masjid yang ada di pasaran tidak polos atau berwarna putih saja. Karpet masjid itu pada umumnya mempunyai warna yang bermacam-macam. Bukan hanya warnanya saja yang bermacam-macam. Namun, karpet masjid mempunyai motif yang sangat beraneka. Jika kita baru pertama kali akan membeli karpet masjid mungkin akan timbul sedikit rasa bingung. Ingin memilih karpet yang berwarna dan memiliki motif apa. Menjadi hal yang penting supaya kita usahakan bisa menyesuaikan warna karpet masjid dan motifnya ini dengan warna cat dinding masjid. Termasuk pula disesuaikan juga dengan motif dekorasi yang berada di dalam masjid. Kesesuaian ini akan memberikan nilai keindahan tersendiri.

4. Memilih bahan yang bagus

Karpet masjid yang terbaik tidak terlepas dari bahannya. Masalah bahan ini menjadi hal yang sangat penting. Kita pastikan karpet yang kita pilih itu berbahan nyaman dan lembut pada saat digunakan. Bahkan seharusnya kita memilih bahan karpet yang bisa menyerap keringat. Saat karpet digunakan maka dingin rasanya. Masalah bahan karpet ini akan berpengaruh pada kenyamanan para pemakainya.

5. Mempertimbangkan harga karpet masjid

Masalah harga dari karpet masjid juga termasuk hal yang sangat penting. Kita perlu menyesuaikan dengan budget kas masjid. Maka kita perlu pandai-pandai dalam memilih harga karpet masjid yang bisa dijangkau oleh budget. Namun, tetap kita ingin memperoleh karpet masjid yang terbaik dan sesuai harapan.

6. Tempat membeli

Kita perlu memperhatikan terkait tempat membeli karpet. Jika di antara jamaah masjid ada yang menjual karpet masjid maka seharusnya kita membeli dari orang itu. Tentunya kita akan lebih gampang dalam komunikasinya. Termasuk dalam hal negosiasi harga juga semakin lebih mudah. Selain itu, kita ikut menjadikan anggota jamaah masjid laku barang dagangannya. Pastinya ini akan berpengaruh positif sekali. Tapi jika tidak ada jamaah yang berjualan karpet maka kita bisa komunikasi atau bertanya mungkin di antara jamaah yang datang ke masjid ini mempunyai saudara, teman, atau kenalan yang berjualan karpet masjid. Jika ada seharusnya kita pilih yang mereka. Bilamana tidak ada maka kita cari penjual karpet masjid yang bisa dipercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *