Cara Memilih Karpet Masjid Berkualitas

Cara Memilih Karpet Masjid Berkualitas – Tentu saja dlihat dari ketebalan dan bahan karpetnya. Karpet Masjid Nyaman dan Empuk pilihan yang cocok untuk di ruangan. Kenapa harus karpet masjid yang nyaman? karpet masjid yang nyaman sangatlah diperlukan supaya para jamaah tetap khusyu dalam menjalankan ibadah, baik ibadah sholat wajib dan sholat sunnah.Lantas faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kenyamanan karpet masjid? Faktor yang mempengaruhi kenyamanan karpet masjid salah satunya yaitu:

1. Tebal Karpet Masjid

Faktor pertama kali yang bisa memengaruhi kenyamanan karpet yaitu ketebalannya. Karpet masjid premium biasanya memiliiki ketebalan kisaran 10-21mm, namun apabila anda menginginkan karpet masjid yang nyaman, pastikan anda memilih karpet masjid dengan ketebalan antara 14 mm-21 mm. Dengan ketebalan tersebut akan menjadikan karpet masjid lebih empuk, sehingga kening dan lutut tidak akan terasa sakit saat dipakai sujud.

2. Ukuran Karpet Masjid

Faktor selanjutnya yang bisa mempengaruhi kenyamanan karpet masjid yaitu ukuran lebar karpetnya. Kebanyakan orang tidak memperhatikan bahkan tidak memperdulikan tentang ukuran lebar karpet. Walaupun sebenarnya ukuran karpet menentukan nyaman tidaknya karpet masjid saat dipakai. Karpet masjid seharusnya mempunyai ukuran lebar 120 cm. Ukuran tersebut adalah ukuran yang standar international untuk ukuran karpet masjid ideal. Mengapa ukuran itu dikatakan baik? Lantaran lebar 120 cm merupakan ukuran standar badan orang dewasa saat sujud. Dengan ukuran yang lebih lebar itu pastinya jarak antara shaff akan lebih lega dan leluasa, sehingga kekhawatiran akan menyundul jamaah di shaff depan juga akan terhindarkan. Momen saat Jamaah sholat harus dan sholat tarawih pun lebih tenang dan tidak mudah capek karena jarak antar shaff lebih luas dan lega.

3. Material Karpet Masjid

Bahan atau material karpet masjid menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan pada karpet. Ada beberapa bahan yang umumnya dipakai untuk karpet masjid, seperti sutra, wol, sisal, atau bahan sintetik. Bahan-bahan alam seperti sutra, wol, dan sisal mempunyai tekstur yang sangat lembut dan halus sehingga menjadikan karpet masjid sangat nyaman saat dipakai, namun bahan-bahan itu mempunyai beberapa kekurangan, seperti perawatannya yang cukup sulit dan harganya yang sangat fantastis. Atas alasan itu beberapa pengrajin karpet masjid lebih memilih untuk memakai bahan sintetis, sebab perawatannya yang lebih gampang dan harganya yang lebih terjangkau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *