7 Cara Memilih Karpet Masjid yang Berkualitas

7 Cara Memilih Karpet Masjid yang Berkualitas – Saat memilih karpet masjid yang terbaik, diperlukan beberapa kemampuan dan harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai karpet yang telah dibeli justru tidak membuat nyaman saat melaksanakan ibadah.

7 Cara Memilih Karpet Masjid yang Berkualitas

7 Cara Memilih Karpet Masjid yang Berkualitas

Berikut di bawah ini yang merupakan beberapa cara dalam memilih karpet masjid yang berkualitas.

1. Melihat Harga

Cara pertama yaitu selalu lihat harganya terlebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan karpet yang tepat sesuai budget masjid. Percuma jika kita nanti sangat menyukai karpet itu tapi nyatanya tidak sesuai dengan budget kita. Namun harus diingat untuk tidak langsung membeli karpet yang murah. Pandai-pandailah dan jangan gampang tergoda oleh rayuan penjual. Setiap toko pastinya mempunyai cara tertentu dalam menjual produknya, sehingga kita harus peka. Tidak ada salahnya untuk kalian mencoba membandingkan harga dengan toko sebelah atau di tempat lain. Bisa juga dipertimbangkan untuk melihat harga di toko-toko discount.

2. Kualitas Produk

Berbicara tentang kualitas sebenarnya berbanding lurus dengan harga. Seharusnya karpet yang mahal yaitu karpet yang memiliki kualitas baik. Sebaliknya, karpet yang harganya murah biasanya mempunyai kualitas yang cukup rendah. Namun di zaman sekarang, akan banyak sekali penjual yang menawarkan harga tinggi walaupun sebenarnya kualitasnya rendah, hanya agar produknya laris. Kualitas karpet ini dianggap penting karena kenyamanan orang banyak yang menjadi taruhannya. Kenyamanan dalam melaksanakan ibadah yaitu hal yang mutlak. Karpet yang berkualitas tinggi akan membantu hal tersebut. Ada macam-macam kualitas karpet. Bisa yang berkualitas nasional atau bahkan juga internasional. Biasanya kalau yang berasal dari Turki merupakan karpet yang paling oke.

3. Ukuran

Jika harga telah sesuai, lalu kualitasnya telah internasional, maka jangan lupa kalian untuk pastikan ukuran karpet masjid yang tepat sebelum pergi membeli, ukurlah terlebih dahulu ruangan shalat di masjid, termasuk di semua bagian, yaitu bagian pria, wanita, anak-anak, di lantai satu atau dua dan seterusnya jika ada. Setelah itu sesuaikan pada ukuran karpet yang tersedia, baik panjangnya atau lebar dan ketebalan karpet. Hitunglah dengan baik berapa karpet yang dibutuhkan untuk ruangan shalat. Jangan sampai jumlah karpet yang diambil terlalu banyak sehingga boros pengeluaran. Tapi jangan sampai kurang sehingga repot untuk membeli tambahannya. Ketebalan karpet biasanya kurang menjadi perhatian, walaupun sebenarnya karpet yang tebalnya sesuai akan sangat nyaman saat dipakai pada waktu shalat.

4. Motif dan Warna

Tidak banyak yang mempedulikan motif dan warna karpet. Walaupun sebenarnya ini sangat penting di zaman sekarang ini. Karena selain sebagai alat shalat, karpet itu sekaligus untuk memperindah ruangan, atau kata lainnya sebagai bagian dekorasi masjid. Alangkah nyamannya hati jika motif dan warna karpetnya sesuai. Warna yang biasanya dipilih yaitu merah yang bisa memunculkan semangat menyejukkan mata.Lalu untuk motifnya, usahakan untuk memilih warna yang sesuai dengan warna dan interior masjid. Contohnya saja warna dinding atau motif jendelanya. Juga bisa disesuaikan konsepnya mulai sejak awal pembangunan supaya terlihat lebih cocok dan serasi. Juga termasuk langit-langit masjid dan hiasanya di dalamnya.

5. Bahan

Karpet masjid yang bagus yaitu karpet yang berbahan khasmir. Biasanya ini mempunyai nilai mahal. Karpet berbahan khasmir banyak yang berasal dari Turki. Namun juga banyak produk lokal yang tidak kalah bagus. Pilihlah yang berbahan nyaman dan lembut dan bisa menyerap keringat. Bahan itu memang cukup mahal, namun itu terasa berimbang. Karpet berbahan nyaman itu biasanya yang adem saat digunakan melaksanakan ibadah sehingga bisa menjaga kekhusyukan dalam shalat. Karpet yang terlalu tebal biasanya akan terasa panas, dan yang terlalu tipis justru bisa membuat masuk angin karena menempel pada lantai. Sebab itu pilihlah yang tidak begitu tebal dan tidak begitu tipis.

6. Tempat Membeli

Tempat membeli karpet mempunyai peran penting. Sebab itu, banyaklah mencari informasi sebelum membeli. Informasi itu bisa diperoleh dari jamaah masjid atau orang-orang sekitar. Toko yang mempunyai reputasi bagus pasti akan menjaga kualitasnya dan memberikan harga terbaik juga. Jangan segan bertanya supaya memperoleh hasil terbaik. Toko online juga bisa menjadi alternatif pilihan. Jika memilih toko online, cari tahu dulu sepak terjangnya lewat searching di internet. Cari info bagaimana tanggapan orang yang sudah pernah membeli karpet di tempat tersebut. Dari segi harga biasanya toko online suka memberikan promo-promo menarik.

7. Pelayanan Saat Membeli (termasuk garansi)

Layanan yang ramah akan memuaskan hati konsumen. Sebab itu pilihlah toko yang memberikan layanan terbaik saat membeli karpet. Melalui layanan yang baik maka penjual bisa memberikan masukan dan saran terkait karpet yang diinginkan konsumen. Hal dalam pelayanan bisa juga termasuk di dalamnya ialah garansi produk dan tenaga saat pemasangan karpet di masjid.

Semua cara di atas bisa langsung diterapkan. Jangan kuatir untuk berkonsultasi dengan beberapa pihak yang bisa memberikan saran, baik itu yang telah berpengalaman atau pihak toko yang dituju. Intinya semoga karpet masjid yang dibeli bisa sesuai dengan nuansa masjid itu sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *